Rem Mobil Berdecit Saat Melaju Pelan, Ini Penyebabnya

Ilustrasi rem mobil
Sumber :
  • Daihatsu.co.id

VIVA – Rem menjadi salah satu komponen pendukung keselamatan, saat mengemudi mobil. Rem bertugas menahan putaran roda, sehingga mobil bisa melakukan perlambatan gerak.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ketika sedang mengemudikan mobil, tak jarang pengemudi mendengar suara berdecit saat pedal rem diinjak. Menurut Koordinator Eksekutif Technical Service PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi, ada beberapa penyebab rem berdecit saat difungsikan.

"Biasanya bunyi kalau basah, kayak habis hujan atau bahkan dicuci. Bunyi terjadi, karena komponen rem menempel. Biasanya akan hilang, setelah komponennya kering menyeluruh," ujar Anjar saat dihubungi VIVA, Sabtu 30 Maret 2019. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain itu, kata Anjar, rem berdecit bisa terjadi pada saat pedal diinjak perlahan, ketika mobil baru mulai melaju. Bunyi diakibatkan gesekan antarkomponen rem dan cakram, yang tidak seluruhnya menempel.

Kondisi lain yang menyebabkan terdengar bunyi pada rem, karena banyak terdapat kotoran berupa debu, akibat gesekan kampas dan piringan cakram rem mobil tersebut.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kalau kondisi normal masih bunyi, memang sebaiknya dibuka dan dicek kondisinya. Rem kan komponen penting. Untuk perawatan rutin di bengkel resmi, biasanya setiap 10 ribu kilometer dicek dan dibersihkan. Kalau kampasnya sudah aus, ya langsung diganti," tuturnya. (art)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022