Selain untuk Mencuci, Ini Guna Air Sabun pada Mobil

Ilustrasi mencuci mobil
Sumber :
  • Daihatsu.co.id

VIVA – Permukaan kaca maupun bodi mobil yang rata, kerap dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk menempelkan stiker. Gambar atau tulisannya bermacam-macam, mulai dari nama produk tertentu hingga lokasi tempat wisata.

Tips Mudah Rawat Stiker Mobil, Jangan Sering Dicuci

Jika sudah bosan atau ingin menggantinya, maka stiker lama akan dilepas. Namun, prosesnya ternyata tidak mudah, terutama untuk stiker yang bahannya kurang bagus.

Pemilik bengkel spesialis Pacman Stiker di Kemayoran, Jakarta Pusat, Imam mengatakan, ada cara mudah untuk mencabut stiker yang dipasang lama di kaca maupun bodi mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Untuk cutting sticker yang tulisan atau gambar, kalau mau dicabut jadinya robek dan lama pengerjaannya. Cara mudahnya, semprot air sabun dan dilepas pakai cutter," ujarnya saat dijumpai VIVA di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 10 April 2019.

lepas stiker pada mobil

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cara tersebut, kata Imam, mempermudah dan mempercepat proses pencabutan stiker. Selain itu, cutter yang dipakai untuk mengelupas stiker juga bisa sekaligus membersihkan sisa lem yang menempel.

Jika sisa lem dari stiker membekas, maka pemilik mobil harus sedikit bekerja keras membersihkannya, dengan menggunakan minyak tanah atau minyak kayu putih.

"Kalau masih ada sisanya, olesi minyak tanah sedikit-sedikit sambil dilap, sampai hilang bekas lemnya. Jangan pakai bensin, takutnya berbekas di cat bodi atau kaca. Setelah bekas stiker hilang, baru dicuci dan mobil bersih seperti semula," tuturnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya