Ilmu Baru, Motor dan Mobil Bisa Saling Bertukar Busi

Ilustrasi busi mesin
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Busi menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan. Tanpa benda itu, campuran udara dan bensin tidak bisa dibakar dan menghasilkan energi gerak, yang digunakan untuk memutar roda.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Jika Anda perhatikan, saat ini banyak jenis busi yang ditawarkan. Mulai dari yang memiliki lapisan emas, hingga iridium. Harga dan masa pakainya juga berbeda-beda, sesuai dengan bahan dasar.

Tak hanya itu, para pedagang komponen kendaraan juga biasanya memiliki stok yang berbeda, antara busi untuk mobil dan sepeda motor. Jika fungsinya sama, lantas apa yang membuat komponen itu berbeda penerapannya?

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dilansir dari 100kpj, Kamis 9 Mei 2019, perbedaan utama busi sepeda motor dan mobil adalah masa pakainya. Hal itu berkaitan dengan kinerja maksimal mesin. 

Busi untuk sepeda motor, didesain agar dapat bekerja dengan putaran mesin lebih dari 10 ribu rotasi per menit (rpm). Sementara, putaran mesin mobil umumnya tidak lebih dari 6.000 rpm.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Jika ukuran panjang dan diameternya sama, bisa saja busi mobil dipasang di mesin sepeda motor. Namun, karena putaran mesinnya lebih tinggi, otomatis masa pakainya jadi berkurang.

Sebagai contoh, jika busi mobil diklaim bisa digunakan hingga jarak 60 ribu kilometer, maka saat dipasang di sepeda motor, usia pakainya berkurang jadi setengah. (kwo)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022