Pasang Roof Box, Ubah Gaya Berkendara Anda

Roof box
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Saat mudik ke kampung halaman, terkadang begitu banyak barang yang harus dibawa. Begitu pula saat kembali ke kota. Alhasil, kabin menjadi penuh dan kurang nyaman bagi penumpang.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Solusinya, para pemilik mobil menambahkan bagasi tambahan di bagian atap. Aksesori yang dimaksud adalah roof box. Peranti tersebut dipasang di atap dengan menggunakan dudukan khusus.

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, pemasangan roof box harus dilakukan dengan benar. Sehingga, beratnya dapat terdistribusi secara merata antara poros depan dan belakang.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Jangan melebihi dimensi mobil secara keseluruhan, sesuaikan panjang dan lebar roof box dengan mobil Anda,” ujarnya kepada VIVA, Senin 20 Mei 2019.

Didi mengatakan, karena ada tambahan barang di atas mobil, maka hindari melaju dengan kecepatan tinggi, serta pengereman atau manuver yang tiba-tiba saat tikungan tajam.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Jika hal itu dilakukan, maka mobil dapat hilang kestabilannya. Dampaknya, mobil bisa terguling. Terutama, saat beban yang ditaruh di atas melebihi batas.

“Karena kesalahan saat pengoperasian, bisa membuat mobil terguling, tentu bisa mengakibatkan kematian atau cedera serius. Yang terpenting, berat barang yang diangkut di atap jangan melebihi 75 kilogram,” tuturnya. (dhi)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022