Lebih Baik Jangan Mudik Pakai Motor di Malam Hari, Ini Alasannya

Para pemudik dengan sepeda motor mulai padati Jalan Kalimalang
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Motor masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Alasannya lebih hemat ongkos, ketimbang menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus atau pesawat.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Sebelum mudik pakai motor, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan agar selamat sampai tujuan. Salah satunya jangan pernah melakukan perjalanan jarak jauh di malam hari.

Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora sebagai jaringan diler motor Honda di Jawa Barat, Asep Wawan, menyarankan tidak berkendara jarak jauh di malam hari, karena ada beberapa faktor.

Mudik di Desa Penari

“Kondisi tubuh yang kontradiktif dengan waktu biologis. Jarak pandang terbatas, sehingga jangkauan mata sedikit melihat objek di depan, dan sekelilingnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVA, Jumat 31 Mei 2019.
 
Meski mematuhi segala aturan dan mengenakan kelengkapan berkendara, hal tersebut bukan tolak ukur mencapai keselamatan. Menurutnya, ada pengguna jalan lain yang kadang mengabaikan aspek keselamatan.

“Untuk itu perlu diantisipasi berkendara pada malam hari, karena ketaatan tidak menjamin selamat, karena di jalan bukan Anda sendiri. Kecelakaan bisa dari pengguna jalan yang tidak tertib, lalai, capek, maka perlu antisipasi kesalahan orang lain,” tuturnya.

Kolom Prof Tjandra: 7 Masalah Kesehatan Mudik dan 4 Tips Atasinya

Asep mengatakan, rencanakan jalur perjalanan untuk mengukur waktu, jarak tempuh, dan rencanakan jalur alternatif. Jika pengalaman pertama mudik pakai motor, tidak ada salahnya berangkat bersama rombongan atau teman yang satu arah. (ren)

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang diberikan dokter Rendy, agar pemudik yang dalam kondisi hamil, bisa aman dan nyaman selama perjalanan arus balik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2023