Jangan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama, Bisa Berbahaya

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Rem tangan berfungsi membantu mobil berhenti, saat parkir atau sedang berhenti di lampu pengatur lalu lintas. Fitur ini dibuat, untuk memastikan kendaraan tidak bergerak.

Viral Mobil Jalan Sendiri Bikin Panik Warga

Namun, terlalu lama mobil diparkir dengan menarik rem tangan, ada bahaya yang belum banyak orang tahu. Dikhawatirkan, kampas rem bisa terlepas dari pelat atau besi penyangganya.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Kamis 20 Juni 2019, kampas rem yang terlepas biasa terjadi pada rem belakang yang masih menggunakan model tromol.

Mantan Dirut PO Haryanto, Rian Mahendra Menentang Sopir Bus Kecelakaan Guci Tegal Jadi Tersangka

Saat rem tangan aktif, kampas menempel dengan tromol. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu lama, maka ada potensi kampas melekat pada dinding tromol. Kotoran dan karat juga bisa jadi penyebab, mengapa kampas tidak balik ke posisi semula saat rem tangan dinonaktifkan.

Saat pengemudi mengira rem tangan sudah tidak aktif dan mulai menginjak pedal gas, maka putara tromol akan membuat kampas rem terlepas dari dudukannya.

Mobil Jarang Digunakan, Ini Efek Buruknya Jika Rem Tangan Aktif

Soal berapa lama waktunya, semua itu tergantung dari kondisi mobil itu sendiri. Pada mobil baru, kemungkinan kampas menempel pada tromol tidak sebesar mobil yang usianya lebih dari lima tahun.

Meski demikian, dianjurkan untuk menggantikan fungsi rem tangan dengan ganjal, apabila mobil tidak digunakan dalam jangka waktu beberapa bulan. (dhi)

Rem tangan

Hati-Hati Rem Tangan Tersangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Bagi para pemilik mobil, pernahkah Anda meninggalkan mobil untuk waktu lama, misalnya saat berlibur ke luar negeri? Jika iya, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi rem t

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024