Punya Mobil Diesel Kena Banjir? Segini Perkiraan Biaya Servisnya

Toyota All New Fortuner
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor

VIVA – Selain mobil dengan mesin bensin, saat ini masih dipasarkan produk-produk kendaraan bermotor roda empat yang mengusung mesin diesel sebagai jantung penggeraknya.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Biasanya, mobil yang menggunakan mesin diesel berjenis sport utility vehicle, pikap kabin ganda, serta multi purpose vehicle. Dengan ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan sedan atau city car, banyak pemilik yang nekat menerobos banjir.

Padahal, kata Teknisi Spesialis dari Bengkel Surya Mas Diesel, Mohammad Sobirin mengatakan, saat mobil diesel terkena banjir biaya perbaikannya tak bisa dikatakan murah.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Untuk mobil diesel terdampak banjir, biaya perbaikan relatif. Ssiapkan saja uang paling sedikit Rp5 juta, ini perbaikan dan pengecekan di sektor pembakaran saja. Nanti tergantung juga mobilnya merek apa," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 6 Januari 2020.

Baca juga: Mobil Diesel Lebih Tangguh Terobos Banjir, Mitos atau Fakta?

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Untuk mobil bermesin diesel yang kena banjir dalam kondisi menyala, pria yang akrab disapa Moh itu mengatakan, biasanya hanya mengalami masalah pada nozzle injector, merupakan komponen yang memiliki tugas menyemprotkan bahan bakar minyak atau BBM diesel ke dalam ruang bakar mesin.

"Untuk yang mesinnya sudah mati karena banjir, bisa jadi air sudah ikut masuk ke dalamnya. Ini harus turun mesin, dan lihat kondisi stang sehernya, bengkok atau masih bisa. Lalu nanti harus cek pembakarannya juga," paparnya.

Ilustrasi tangki BBM diesel dan pompa solar

Jika air sudah masuk ke dalam mesin dan ruang bakar. Maka, kata dia, pemilik mobil diesel harus merogoh kocek dalam untuk memperbaiki kendaraan tersebut. Sehingga mesin bisa menyala, dan semua komponennya bekerja normal.

"Intinya, mobil diesel kalau sudah kemasukan air, termasuk banjir lebih rumit perbaikannya. Terus kemungkinan biayanya, lebih banyak dibandingkan mobil bensin," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya