Jangan Kaget kalau di Mobil Baru Gak Ada Lagi Ban Serep

Ban serep atau cadangan mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry

VIVA – Pabrikan mobil merancang setiap produknya, agar aman dan nyaman ketika dikemudikan. Ini bisa dirasakan ketika berkendara, maupun saat mengalami kendala seperti ban bocor.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Ya, karet bundar yang kempis terkadang merepotkan pengguna kendaraan roda empat.Sebagai solusi untuk mengatasi masalah itu, pabrikan biasanya melengkapi mobil dengan ban cadangan alias spare tyre.

Posisinya mengikuti desain kendaraan itu sendiri. Pada jenis sedan, biasanya ada di dalam bagasi. Sementara untuk jenis mobil keluarga dan sport utility vehicle (SUV), ban serep ada di bawah bangku baris ketiga.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Selain itu, ada juga kendaraan yang karet bundar cadangannya dipasang di bodi belakang, atau bahkan digantung di kolong mobil.

Selain posisi menaruhnya, setiap mobil memiliki model ban serep berbeda-beda. Ada yang menggunakan desain serupa model yang terpasang di kaki-kaki, dan memakai pelek kaleng dengan profil lebih tipis dari empat roda lainnya.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, biasanya model ban serep yang disediakan pabrikan, menyesuaikan konstruksi dari mobilnya.

Jika mobil tersebut memiliki desain dek atau lantai yang tinggi, kata dia, maka pabrikan bisa menyematkan ban serep dengan ukuran dan model pelek yang sama seperti empat roda utama. Sebaliknya, saat ruang penyimpanannya terbatas, maka disiapkan yang desainnya lebih kecil.

“Kalau pakai ban serep ukuran gede, lantai harus tinggi. Maka pakai spare tyre lebih kecil agar muat di taruh, dan lantai mobil masih bisa rata dengan bagian lantai depannya,” ujarnya seperti dikutip dari 100KPJ, Sabtu 14 November 2020.

Photo :
  • Dok: Ford

Menurutnya ukuran ban serep menyesuaikan desain mobil, kontruksi, hingga kapasitas bagasi. Artinya ada banyak pertimbangan, bukan sekadar menurunkan biaya produksi.

Jika melihat kendaraan roda empat di negara lain, ada yang tak lagi diberi roda cadangan. Cara ini dilakukan, untuk memaksimalkan kapasitas bagasi atau ruang belakang.

“Kalau di Eropa, ada yang enggak pakai ban serep, tapi di kasih kit cairan tambal ban dan pompa,” katanya.

Baca juga: Bukan Guyonan, Ternyata Ada Jenis Truk Bernama Trintin dan Trinton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya