Picu Kebakaran, 5 Barang Ini Jangan Disimpan di Bagasi Motor

Ilustrasi jok sepeda motor
Sumber :
  • dok. Honda

VIVA – Bagasi jok motor sebetulnya mempunyai berbagai manfaat untuk menyimpan barang-barang milik pengguna. Seperti jaket, jas hujan, pakaian, bahkan sampai barang elektronik juga dapat disimpan di dalamnya. Umumnya, pemakaian bagasi jok motor lantaran dinilai lebih praktis ketimbang menenteng tas yang justru bisa memancing kejahatan. Namun, bila kamu tidak memerhatikan keselamatan, menyimpan barang dalam bagasi bukan hal yang aman. 

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Ada banyak faktor yang membuat barang-barang tersebut menjadi tidak aman, salah satunya adalah bisa mengakibatkan kebakaran dan bukan tidak mungkin motor akan meledak. Risiko seperti ini karena ada beberapa barang di dalam bagasi jok motor yang bisa memantik percikan api dari bensin. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah ulasan tentang barang yang tidak boleh disimpan di jok motor seperti dirangkum VIVA Otomotif dari berbagai sumber, Selasa 7 Juni 2022:

1. Ponsel dan Barang-barang Elektronik

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Ponsel Samsung.

Photo :
  • YouTube

Ponsel maupun barang-barang elektronik lain dapat meledak kapan saja jika disimpan di dalam bagasi jok motor. Hal tersebut bisa terjadi lantaran letak bagasi jok motor yang berdekatan dengan mesin motor sehingga bisa menghasilkan suhu yang panas. Sebab itu, bila berdekatan dengan ponsel atau barang elektronik, maka ini bisa berpotensi untuk memancing ledakan yang luar biasa. 

Yamaha Mio Lawas Kembali Jadi Buruan Orang, Suku Cadang Aman Gak?

2. Parfum

parfum

Photo :

Barang yang bermanfaat untuk mengharumkan badan yang satu ini ternyata juga sangat berbahaya apabila dimasukkan ke dalam bagasi jok motor. Alasannya karena parfum ini sangat mudah menguap dan bisa memicu bensin yang terletak di dalam motor untuk memercikan api. Bila parfum ini telah menguap, bisa-bisa motor yang ditumpangi akan terbakar secara tiba-tiba. 

3. Alat Make Up

Alat make up

Photo :
  • U-Report

Beda yang sangat familiar dengan para wanita ini juga sangat dikhawatirkan lantaran bisa meleleh karena terkena panas di dalam mesin kendaraan bermotor. Bila sudah meleleh, bisa jadi peralatan make up ini bisa meluber ke dalam mesin sehingga dapat mengakibatkan kerak. Bukan hanya itu, benda ini juga yang pasti mengandung bahan kimia akan merusak bagian motor bila tidak sengaja masuk ke dalam mesin. 

4. Sayuran dan Buah

Sayuran

Photo :
  • U-Report

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa ketika motor dalam kondisi menyala, ternyata suhunya bisa mencapai 36 derajat celcius. Panas motor ini dapat mengurai makanan yang mudah meleleh seperti cokelat, es krim, atau yogurt serta sayur mayur yang masih segar lantaran bisa menimbulkan penguapan dan berdampak buruk untuk sayuran. Jadi, jangan meninggalkan benda ini di bawah bagasi motor. 

5. Jas Hujan Basah

Ilustrasi menjemur jas hujan

Photo :
  • Outdoorgearlab

Terakhir, barang yang biasanya ditaruh di dalam bagasi jok motor adalah jas hujan. Jas hujan ini jangan langsung ditaruh di dalam jok motor, apalagi untuk jas hujan dengan bahan polyester dan gore tech. Menaruh jas hujan dalam kondisi basah di dalam bagasi yang panas bisa membuat kualitasnya berkurang. Selain itu, menaruh jas hujan basah juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Inilah beberapa barang sebaiknya tidak diletakkan di dalam bagasi motor. Meskipun kita hanya memakai kendaraan bermotor ini sebentar saja, tak menutup kemungkinan barang-barang ini akan membuat kamu celaka kapan saja. Maka dari itu, jangan pernah sepelekan hal tersebut karena ini juga demi keselamatan kalian di jalan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya