Pahami Jenis Keausan Tidak Normal pada Ban Mobil

Ban mobil
Ban mobil
Sumber :

VIVA Otomotif – Ban merupakan komponen penting dari mobil yang melingkari pelek roda. Fungsi dari bagian tersebut untuk menciptakan traksi, serta mengurangi getaran yang disebabkan ketidak teraturnya permukaan jalan.

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, penting sekali untuk merawat ban agar tidak menyebabkan masalah. Apalagi kalau penyebabnya keausan yang tidak normal, membuat mobil semakin sulit dikendalikan.

Oleh karenanya, penting untuk pahami jenis keausan pada ban mobil, apa saja? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Jumat 5 Agustus 2022, demi menghindari hal yang tidak diinginkan di jalan, ada beberapa pengecekan terkait keausan ban, sebagai berikut:

Mekanik Ganti Ban Mobil.

Mekanik Ganti Ban Mobil.

Photo :
  • Goodyear.

Pertama yakni aus pada bagian tepi atau tengah telapak. Biasanya, jenis ini menandakan tekanan udara ban mobil tidak sesuai rekomendasi pabrikan. Bila bagian tersebut sering kekurangan tekanan udara, maka akan menyebabkan masalah.

Sebaliknya, kalau tekanan udara ban terlalu tinggi, maka yang aus terlebih dahulu pada bagian tengah telapak ban. Jadi, selalu pastikan tekanan udara ban tidak kurang atau lebih dengan mengukurnya seminggu sekali.

Kedua adalah ban aus sebelah dalam atau luar saja. Diketahui, suspensi yang rusak dapat mengakibatkan keausan ban tidak normal akibat peredaman bertumpu pada ban. Faktor penyebabnya adalah ban lebih cepat aus ketimbang sisi lainnya, lantaran sudut camber yang tidak tepat.