Begini Cara Mudah Mengatasi Motor Mogok di Jalan

Motor injeksi mogok didorong.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Sebagian pemilik motor, pasti pernah mengalami kendaraannya mogok atau mendadak mati di jalan. Hal itu dikarenakan kurang perawatan yang benar, dan menyebabkan beberapa masalah pada komponen.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Diketahui, ada beberapa penyebab yang membuat kuda besi mengalami mogok seperti, busi sudah rusak sehingga tidak bisa lagi menghasilkan percikan api dan mesin motor yang terlalu panas. Oleh karena itu, pemilik perlu melakukan perawatan secara berkala.

Lantas, bagaimana cara mengatasi motor mogok ketika di Jalan? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Sabtu 19 November 2022, ada cara mudah untuk mengatasi permasalahan ini. Cara ini bisa dilakukan secara individu sebagai pertolongan pertama.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Busi motor NGK MotoDX

Photo :
  • NGK

Cara pertama adalah mengecek bahan bakar. Apabila saat berkendara, laju motor seperti tersendat-sendat dan tiba-tiba mesin mati, maka bisa jadi karena bahan bakar habis. Untuk caranya, tentunya hanya bisa dilakukan dengan mengisi bahan bakar.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Supaya tidak terjadi masalah ini, sebaiknya sebelum digunakan, melakukan pengecekan dengan membuka tangki bensin terlebih dahulu. Apalagi bagi kendaraan yang indikator bensinnya sudah mati, hal ini semakin penting dilakukan.

Cara selanjutnya dengan mengecek kondisi busi apa masih berfungsi atau tidak. Pemilik bisa melakukannya dengan membersihkan kepala busi dengan cara menggosoknya, kemudian menyalakan sambil mendekatkan busi ke bagian mesin.

Apabila terjadi percikan api biru, maka busi masih berfungsi dan bisa segera dipasang kembali. Tetapi, bila sudah tidak ada percikan api yang timbul, maka harus dilakukan penggantian busi yang baru, karena sudah tidak bisa berfungsi.

Untuk cara terakhir yaitu mengistirahatkan mesin yang panas. Jika motor mogok yang disebabkan mesin terlalu panas solusinya hanya satu, dengan cara menghentikan kendaraan, hingga mesin motor benar-benar dingin.

Setelah mesin sudah tidak panas, maka kendaraan bisa kembali digunakan dan perjalanan bisa dilanjutkan lagi. Untuk mengantisipasi, sebaiknya ketika melakukan perjalanan jauh untuk beristirahatlah di tengah perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya