Mobil Terendam Banjir, Lakukan Ini untuk Klaim Asuransi

Mobil-mobil mewah yang terendam banjir di Pantai Mutiara.
Mobil-mobil mewah yang terendam banjir di Pantai Mutiara.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA Otomotif – Dalam kurun waktu sebulan terakhir, sebagian wilayah di Indonesia kembali diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi hingga menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir

Tentunya hal ini dapat mengakibatkan berbagai kerugian, salah satunya kendaraan yang terendam banjir. Jika pemilik tengah mengalami permasalahan tersebut tidak perlu khawatir, karena bisa melakukan klaim asuransi.

Dikutip VIVA dari Asuransi Astra, Selasa 27 Desember 2022, lakukan beberapa langkah ini supaya meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraan;

Ilustrasi mobil terendam banjir

Ilustrasi mobil terendam banjir

Photo :

1. Selalu Pastikan Posisi Mobil Aman
Langkah pertama adalah pastikan pemilik memindahkan dan mengevakuasi mobil ke posisi yang lebih tinggi pada saat banjir. Jika tidak sempat melakukan pemindahan atau evakuasi, bisa menutup knalpot terlebih dahulu supaya air tidak masuk ke dalam mesin mobil dan merusak bagian tersebut.

2. Lepaskan Kabel Negatif Aki untuk Mencegah Korsleting Listrik
Apabila pemilik mobil terendam banjir, pemilik jangan ragu untuk melepaskan kabel negatif pada aki atau baterai guna mencegah korsleting listrik. Pelepasan kabel ini mencegah rusaknya berbagai macam komponen listrik di dalamnya. 

Lakukan pencabutan kabel negatif ketika mobil sebelum terendam. Ciri-cirinya kabel negatif pada aki atau baterai ditandai dengan simbol (minus / kurang). Diketahui, kabel yang menempel pada terminal negatif aki baterai adalah warna hitam polos atau yang sejenisnya.

Halaman Selanjutnya
img_title