Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan Lebat

Berkendara motor di musim hujan
Sumber :

VIVA Otomotif – Baru-baru ini Indonesia tengah dihebohkan cuaca ekstrem yang tandai dengan hujan lebat serta angin berkecepatan tinggi. Alhasil, banyak masyarakat yang harus waspada terkait fenomena tersebut, apalagi mobilitas pengguna sepeda motor.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan akan terus meningkat selama sepekan terakhir mulai hari ini, 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Bagi masyarakat yang masih beraktivitas dan mengadalkan motor sebagai tranportasinya, penting untuk berhati-hati. Pasalnya banyak genangan air di jalan dan curah hujan yang dapat megganggu saat berkendara.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengendarainya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, ada beberapa cara yang wajib dilakukan saat mengendarai kendaraan roda dua di musim hujan.

1. Menggunakan Jas Hujan yang Tepat

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Jaket dan Jas Hujan

Photo :
  • U-Report

Cara pertama yang dilakukan bagi pengendara sepeda motor wajib menggunakan jas hujan ketika hujan turun. Di Indonesia banyak beragam model jas hujan, namun yang direkomendasikan adalah model single.

Pasalnya banyak kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Oleh karena itu memilih jas hujan yang tepat penting dilakukan agar mengendarai motor. dengan nyaman.

2. Jangan Asal Rem
Diketahui, kondisi jalan ketika musim hujan memiliki permukaan yang licin. Adanya tantangan tersebut, membuat pengendara motor harus memahami teknik pengereman yang benar.

Jangan melakukan asal rem yang berakibat fatal, seperti tergelincir di jalan maupun menabrak pengendara lain.

3. Pastikan Menyalakan Lampu Motor

Ilustrasi memeriksa lampu rem motor.

Photo :
  • Hondacommunity

Ketika hujan, langit mengalami penurunan pencahayaan, lantaran awan gelap yang menutupi. Oleh karena itu saat mengendarai sepeda motor diwajibkan menyalakan lampu kendaraannya. Hal itu dilakukan untuk memberikan cahaya saat berkendara.

4. Tingkatkan Kewaspadaan saat Berkendara
Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan akan tergenang air di titik-titik tertentu, di mana pengendara tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya