Ini Cara Dasar Melakukan Perawatan Sepeda Motor

Mekanik bengkel motor.
Sumber :
  • YouTube

VIVA Otomotif – Saat ini penggunaan sepeda motor di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan, kendaraan roda dua menjadi moda transportasi yang lebih lincah dibandingkan dengan mobil.

Gak Nyangka, Begini Isi Garasi Epy Kusnandar yang Ditangkap Gegara Narkoba

Adanya banyak pengguna, sayangnya pemilik masih kurang peduli dalam melakukan perawatan terhadap kendaraan. Seperti halnya jenis alat transportasi lain, merawat motor juga harus dilakukan dengan baik agar performanya tidak mengalami penurunan.

Lantas, bagaimana cara dasar melakukan perawatan sepeda motor? Dirangkum VIVA dari MyPertamina, Senin 2 Januari 2023, pemilik bisa melakukan cara ini secara individu tanpa harus dibawa ke bengkel. Lakukan secara rutin dan memperhatikan dengan baik pemeliharaannya.

Terpopuler: Viral Mobil Pikap Pelat Cantik, Gaji UMR Bisa Punya Pajero Sport

Perawatan sepul Sepeda Motor

Photo :

Cara pertama adalah rutin memanaskan motor saat digunakan. Biasanya hal ini kerap disepelekan oleh pemilik kendaraan, dan langsung digunakan untuk beraktivitas harian. Padahal hal tersebut harus dilakukan agar performa mesin tetap terjaga.

Motor Bebek Baru Paling Mahal di RI, Cocok Buat Orang yang Kelebihan Uang

Tujuan dari melakukan pemanas motor yakni untuk menjaga performa motor dengan memanaskan mesinnya. Hal ini perlu dilakukan saat pagi hari selama 2 hingga 5 menit, setelah motor mati semalaman. Dengan melakukan cara ini, motor akan tetap awet digunakan.

Cara selanjutnya dengan memakai bahan bakar yang tepat. Perlu diketahui kalau nilai oktan pada bahan bakar juga berpengaruh pada kinerja mesin nantinya. Apalagi ada produk motor yang menggunakan teknologi injeksi guna menghemat bahan bakar. 

Sehingga diperlukan bahan bakar yang oktannya di atas 90 agar sistem kendaraan tersebut bekerja dengan baik. Cara ini bisa dilakukan bagi pemilik produk motor dengan mesin baru yang disematkan teknologi canggih.

Selain memperhatikan bahan bakar, pemilik juga perlu membersihkan motor secara berkala. Mencucinya dengan air maupun hanya mengelapnya menggunakan kain basah sangat penting dilakukan secara berkala.

Tidak hanya ingin tampil bersih, tetapi juga untuk menjaga kesehatan mesin motor. Pemilik bisa melakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijangkau seperti, air, sabun khusus, dan kain yang bisa dilakukan minimal setiap bulan sekali.

Untuk cara terakhir, sepeda motor jangan biarkan terkena sinar matahari langsung. Ketahuilah, paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor. 

Bukan itu saja, sinar matahari langsung juga bisa mengubah warna bodi motor jadi cepat pudar dan kusam. Oleh sebab itu, usahakan mencari lahan parkir yang teduh atau tutup dengan kain supaya motor kesayangan terlindungi dari paparan UV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya