Pahami Faktor Ini saat Berkendara Melewati Tanjakan

Pembalap Tour de Singkarak saling kejar di tanjakan Kota Solok.
Pembalap Tour de Singkarak saling kejar di tanjakan Kota Solok.
Sumber :

VIVA Otomotif – Bagi sebagian pengendara, medan paling tersulit untuk dilintasi adalah jalan tanjakan. Hingga saat ini, masih banyak pemilik kendaraan yang belum memahami cara berkendara di tanjakan.

Namun, sebelum memahami cara berkendara, pemilik harus tahu faktor-faktor yang dapat menyebabkan tidak bisa melintasi tanjakan. Hal ini penting diketahui, lantaran banyak pemilik yang kurang paham akan faktor ini dan bisa menyebakan kecelakaan.

Lantas, faktor apa saja? Praktisi Keselamatan Jalan Raya dan juga Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu memberitahu ada empat faktor agar pengemudi berhasil melintasi tanjakan yang curam.

Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.

Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.

Photo :
  • Repro Twitter

Faktor pertama adalah manusia, Jusri mengatakan faktor ini sangat penting dipahami karena kunci ketika ingin melintasi tanjakan. Diketahui, jalan tanjakan sendiri cukup berbahaya bagi pemula yang belum mahir berkendara. Untuk melewati tersebut , pengendara harus memiliki skill yang baik.

"Faktor utama yaitu manusia, maksud dari ini kemampuan dia seperti keterampilan mengemudi, kemampuan mengoper, teknik dan skill harus dimiliki oleh pengendara saat hendak melintasi tanjakan," ujar Jusri saat dihubungi VIVA, Rabu 4 Januari 2023.

Selain itu, faktor selanjutnya pada kendaraan. Dirinya menambahkan pemilik harus memperhatikan kondisi mobil. Jika kendaraan tidak ada tenaganya, dan tidak sehat bisa jadi tidak bisa melintasi tanjakan.

Halaman Selanjutnya
img_title