Catat! Ini 5 Tips Agar Mobil Hemat BBM Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi bahan bakar kendaraan.
Sumber :
  • Honda Community

VIVA Otomotif – Tradisi mudik adalah momen membahagiakan bagi para perantau. Meski macet-macetan, mereka rela melampau sederet permasalahan demi bisa berkumpul dengan keluarga di kampong halaman.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Berbicara soal mudik, tentu kamu perlu memperhatikan hal-hal saat perjalanan mudik. Apalagi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Kamu harus mempersiapkan lebih matang agar perjalanan aman, nyaman, dan tentu tidak boros bensin.

Ada tips yang bisa kamu terapkan saat mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi kamu. Dikutip dari laman resmi Suzuki pada Sabtu, 1 April 2023, berikut tips agar mobil hemat BBM saat mudik.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

1.Tidak melakukan akselerasi dengan spontan

Ilustrasi mengemudi.

Photo :
  • U-Report
5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Pada mobil bertransmisi matic, poin satu ini kerap disebut dengan kick down. Selain dapat membuat bahan bakar terbuang percuma, akselerasi spontan juga dapat membuat boros ban.

Boros bahan bakar akibat akselerasi spontan atau mendadak bisa terjadi baik di mobil bertransmisi manual maupun matic sekalipun. Sebaiknya selalu perlahan dalam menekan pedal gas agar bahan bakat efisien dikonsumsi mesin.

2.Kurangi rem mendadak

Ilustrasi mengemudi.

Photo :
  • Istimewa

Secara tidak disadari, kebiasaan rem mendadak membuat konsumsi bensin menjadi berlebih. Hal ini terjadi akibat kecepatan mobil berkurang secara drastis dan memerlukan energi besar untuk bergerak lagi. Jika hal ini berulang terus-menerus maka konsumsi BBM cenderung boros.

Baik pada mobil bertransmisi matic maupun manual, manuver rem mendadak perlu dihindari jika ingin mengejar efisiensi konsumsi bahan bakar. Apalagi ketika mudik, biasanya jalanan macet dan membuat kamu mengalami hal semacam ini.

3. Tidak mengemudi secara agresif

Ilustrasi mobil melaju cepat di jalan tol.

Photo :
  • Carscoops

Gaya mengemudi secara agresif tentu membuat pembuangan bahan bakar tidak efisien. Tak hanya itu, mengemudi agresif juga menjadikan peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas lebih tinggi.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya mengemudi dengan normal saja. Biasanya perilaku ini muncul karena kalian mengejar waktu. Tetap bersabar dalam berkendara. Pastikan berkendara secara aman, nyaman, dan mengutamakan keselamatan ya. 

4.Cek filter udara yang kotor

VIVA Otomotif: Ilustrasi mobil terjebak kemacetan lalu lintas

Photo :
  • Dok: PTPL

Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan akan membuat mobil kamu boros bahan bakar. Hal ini terjadi karena filter yang sudah tersumbat debu ataupun kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih.

Kendati demikian, sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000 – 3.000 KM atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

5. Jangan berlebihan membawa muatan

Ilustrasi kendaraan pemudik.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nz/18

Tips terakhir yaitu jangan membawa muatan yang berlebih. Bawalah bawa barang yang dibutuhkan saja. Pasalnya, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar pula beban mobil yang tentunya ini akan membuat bensin lebih boros. 

Membawa beban berlebih dalam mobil pun bisa berbahaya bagi keselamatan. Sebelum berangkat, pastikan barang yang dibawa benar-benar hanya yang dibutuhkan.

Itulah sederet tips agar mobil kamu hemat BBM saat mudik lebaran nanti. Pastikan untuk mengutamakan keselamatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya