Tips Hemat BBM saat Bensin Motor Hampir Habis

Motor Isi Bensin di SPBU.
Sumber :
  • Antara.

VIVA Otomotif – Banyak orang yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari, terutama di kota-kota besar yang padat. Namun, kesibukan membuat beberapa pengendara tidak sempat mengisi BBM jenis bensin saat sedang berada di jalan.

Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Pengendara harus memastikan bahwa bensin yang ada di dalam tangki cukup untuk bisa sampai di SPBU. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk menghemat BBM saat bensin sudah hampir habis. Berikut tipsnya, dikutip dari berbagai sumber Jumat 7 April 2023:

1. Hindari Percepatan dan Pengereman Mendadak

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Pada saat bensin hampir habis, hindari mempercepat motor secara tiba-tiba dan mengerem mendadak. Kedua tindakan ini dapat mempercepat penggunaan bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan. Sebaiknya gunakan akselerasi perlahan dan hindari mengerem mendadak.

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Photo :
  • Tangkapan layar instagram.com/majeliskopi08
Yamaha Mio Lawas Kembali Jadi Buruan Orang, Suku Cadang Aman Gak?

2. Gunakan Gigi Yang Tepat

Penggunaan gigi yang tepat dapat membantu menghemat bahan bakar. Saat berkendara di jalan yang lurus, sebaiknya gunakan gigi yang lebih tinggi untuk mengurangi putaran mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Namun, saat berada di jalan menanjak, sebaiknya gunakan gigi yang lebih rendah untuk menghindari beban berat pada mesin dan penggunaan bahan bakar yang tidak efisien.

3. Hindari Berkendara di Kondisi Kemacetan

Kondisi kemacetan dapat sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar kendaraan, termasuk motor. Saat bensin hampir habis, sebaiknya hindari berkendara di kondisi kemacetan yang dapat mempercepat penggunaan bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan.

Disarankan untuk cari rute alternatif yang lebih lancar, demi menghindari kondisi kemacetan dan membuat penggunaan BBM jadi lebih irit.

4. Periksa Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak optimal dapat mempercepat penggunaan bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan. Pastikan tekanan ban pada motor Anda selalu optimal, sehingga kendaraan dapat berjalan dengan lancar dan menghemat bahan bakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya