Mau Ban Mobil Awet Dipakai, Ini Tipsnya

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Dok: Bridgestone Tire Indonesia

VIVA Otomotif – Ban mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Kondisi ban yang buruk dapat menyebabkan kendaraan tidak stabil, bahkan berbahaya saat dikendarai.

Mobil Porsche Macan Terbang dan Tabrak Kantor Polisi

Oleh karena itu, menjaga ban mobil dalam kondisi yang baik sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat ban mobil Anda lebih awet, dikutip dari Spinny, Minggu 7 Mei 2023:

1. Periksa tekanan angin secara berkala
Pastikan tekanan ban mobil selalu dalam rentang yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Periksa tekanan ban minimal setiap 2 minggu sekali, atau sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

Sebanyak Ini Sarwendah Keluarkan Uang Untuk Mobil Betrand Peto

2. Lakukan rotasi ban secara teratur
Rotasi ban adalah proses mengubah posisi ban pada kendaraan, agar keausan ban terdistribusi secara merata. Melakukan rotasi ban setiap 10.000 km atau sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan, dapat membantu memperpanjang umur ban mobil.

VIVA Otomotif: Ilustrasi rotasi ban mobil.

Photo :
  • Dok: Auto2000
Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

3. Jaga kecepatan
Kecepatan yang tinggi dapat mempercepat keausan pada ban mobil. Hindari mengemudi dengan kecepatan yang terlalu tinggi, terutama saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang. Jangan melampaui batas kecepatan yang dianjurkan oleh produsen kendaraan.

4. Hindari beban yang berlebih
Beban yang berlebih pada kendaraan dapat mempercepat keausan pada ban mobil Anda. Pastikan kendaraan tidak melebihi batas beban yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Hindari membawa beban yang tidak perlu dan pastikan semua barang terikat dengan baik.

5. Periksa kondisi ban secara teratur
Periksa kondisi ban secara teratur, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksa bagian dalam dan luar ban untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang berlebih. Jangan lupa untuk memeriksa kedalaman alur ban dan kondisi ventiel ban.

6. Hindari mengerem mendadak
Mengerem mendadak dapat mempercepat keausan pada ban mobil. Selalu pastikan jarak antar kendaraan aman dan hindari mengerem mendadak secara tiba-tiba.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu memperpanjang umur dan kinerja ban mobil. Selalu perhatikan kondisi ban secara teratur, dan pastikan untuk mengganti ban jika kondisinya sudah tidak lagi layak pakai sesuai panduan dari pabrikan ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya