Tips Menggunakan Cairan Antikarat dan Penetrant Kendaraan, Hati-hati Salah Beli

VIVA Otomotif: Ilustrasi pelumas komponen kendaraan
Sumber :
  • Dok: Autochem

Jakarta – Kendaraan bermotor yang digunakan di daerah tropis seperti Indonesia, berisiko terpapar korosi yang berasal dari air maupun zat kimia yang terkandung di air hujan serta udara lembap.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Untuk mencegah logam pada kendaraan diserang karat, pemilik biasanya menggunakan cairan khusus yang berfungsi menghilangkan serta melumasi komponen tersebut.

Namun meski keduanya berfungsi untuk menjaga kinerja dan keawetan komponen kendaraan, masing-masing memiliki perbedaan penting dalam tujuan dan fungsinya.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

“Secara teknis, melumasi suatu komponen agar terhindar dari karat dan menghilangkan karat pada suatu komponen merupakan dua hal yang berbeda," ujar Manager Promosi PT Autochem Industry, Dhany Ekasaputra melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 8 Juli 2023.

Dhany mencontohkan, pelumas seperti Master Super Lubricant ML-40 dirancang khusus untuk melumasi dan melindungi komponen kendaraan. Fungsinya adalah mengurangi gesekan antara permukaan logam yang bergerak satu sama lain.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Pelumas membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam, mencegah keausan, korosi, dan kerusakan akibat gesekan. Selain itu, pelumas juga dapat mempertahankan elastisitas karet dan melindungi kelistrikan kendaraan dari korsleting.

Di sisi lain, penghilang karat seperti Master Super Penetrant MP-80 memiliki fungsi untuk mengatasi karat yang sudah terbentuk pada komponen kendaraan.

“Penghilang karat mengandung bahan khusus seperti graphite, yang dapat meresap ke dalam celah dan retakan pada permukaan logam yang terkena karat,” tuturnya.

Hal ini membantu melonggarkan baut, mur, atau engsel yang sulit digerakkan akibat karat. Penghilang karat juga dapat membantu membersihkan dan menghilangkan karat yang sudah terbentuk, memulihkan fungsi komponen, dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Perbedaan utama antara pelumas dan penghilang karat terletak pada tujuan penggunaannya. Pelumas digunakan untuk melumasi, melindungi, dan mencegah keausan, sementara penghilang karat bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan karat yang sudah terbentuk.

“Diperlukan pemahaman, bahwa kebutuhan untuk melumasi dan menghilangkan karat berbeda. Begitu pula dengan formulasi cairannya, bahkan tahapan penggunaannya bisa berbeda,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya