Ini Bedanya Cat Metallic dan Pearl

mobil mc laren di cat ala rainbow
Sumber :
  • SWNS.com

VIVA.co.id - Saat hendak membeli mobil, baik kondisinya baru maupun bekas, pasti salah satu faktor yang jadi pertimbangan adalah warnanya. Memang harus diakui, aplikasi warna yang tepat pada kendaraan dapat mendongkrak penampilan dan nilai jualnya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Seiring waktu, cat yang digunakan pada bodi mobil akan mulai kusam. Itu artinya perlu dilakukan pengecatan ulang. Jika Anda saat ini sedang berminat untuk mengubah tampilan mobil, sebaiknya pikirkan baik-baik jenis warna apa yang ingin diterapkan.

Ada beberapa jenis cat yang bisa Anda pilih, contohnya adalah Metallic Auto Paint dan Pearl Car Paint. Nah, berikut merupakan ulasan mengenai perbedaan kedua jenis cat mobil ini, seperti yang dilansir dari Toyota Astra, Selasa 28 April 2015.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Bahan cat

Metallic biasanya menggunakan serpihan kecil aluminium untuk memberikan mobil Anda kesan sparkle atau mengkilap. Serpihan aluminium ini memiliki bentuk yang seragam, dan biasanya mudah tercampur dengan cat itu sendiri. Sementara itu, pearl merupakan jenis cat yang menggunakan serpihan kecil mika, yaitu bahan sintesis yang menyerupai kilauan mutiara. Mika ini juga memiliki bentuk yang seragam dan berbaur dengan cat.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Pengaplikasian

Kebanyakan mobil yang menggunakan cat metallic adalah mobil dengan desain sporty atau mobil dengan tampilan tajam dan terlihat seperti mobil balap. Kalau pearl biasa dipilih untuk mobil luxury family dan sedan, yang dipasarkan secara umum.

Pencahayaan

Karena metallic menggunakan serpihan aluminium, maka ketika terkena sinar matahari, akan memunculkan bayangan. Serpihan logam ini akan berbentuk seperti titik-titik dari kaca, yang tersebar ke seluruh permukaan mobil.

Pearl yang menggunakan mika tidak akan memantulkan cahaya matahari atau cahaya lainnya. Bintik mika pada permukaan mobil ini akan berbentuk seperti prisma dan menarik bayangan menjadi bentuk lain. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya