Tips Sederhana Periksa Mobil Usai Mudik

service mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Panjangnya perjalanan plus macet yang harus ditempuh saat mudik tentu membuat performa mobil menurun. Karena itu diperlukan pemeriksaan dan perawatan untuk mobil yang digunakan untuk mudik.

Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan mobil Anda bermasalah saat digunakan kembali untuk menjalani rutinitas. Selain itu, juga perlu dilakukan untuk memperpanjang usia kendaraan Anda.

Nah berikut ini beberapa tips sederhana memeriksa mobil paska mudik yang diberikan Rudi salah satu mekanik di sebuah bengkel mobil di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur:

1. Ganti oli

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Mengganti oli setelah menjalani perjalanan jauh tentu sangat dianjurkan terutama saat mesin mobil Anda mengeluarkan suara-suara aneh. Namun pastikan Anda membersihkan filter oli saat melakukan pergantian oli. Sebab tidak ada gunanya oli bersih jika filter oli kotor.

2. Periksa radiator

Radiator mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan tidak cepat panas (over heat). Periksa apakah radiator mengalami kebocoran lalu baru dilakukan pergantian air. Idealnya pengurasan air radiator dilakukan setiap jarak 10.000 km.

3. Mengecek starter pada mobil

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Bila mobil tidak bisa di starter kemungkinan karena suplai bahan bakar atau udara yang kurang pada sistem karburator. Besar kemungkinan itu disebabkan saringan kaburator yang kotor. Periksa saringannya, cabut filternya, dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi.

4. Periksa timing belt

Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Timing belt yang rusak ditandai dengan menimbulkan suara-suara dengung yang bising ketika mesin mulai dijalankan. Hal itu tidak bisa diremehkan karena timing belt dapat putus dan membuat beberapa komponen mesin rusak.

5. Lakukan tune up secara rutin

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Namun untuk lebih aman, Tune Up secara rutin ke bengkel akan membuat mesin tetap awet. Sebab proses tune up, keadaan komponen-komponen vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan diperiksa.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016