Cara Mujarab Menghadapi Jalan Berlubang

Ilustrasi jalanan berlubang.
Sumber :
  • Fdrtire

VIVA.co.id - Harus diakui, kondisi jalanan di Indonesia masih banyak yang berlubang-lubang. Untuk menghadapi kondisi jalan seperti ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar pengendara motor tetap aman di perjalanan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Fdrtire, Sabtu 15 Agustus 2015, posisi tubuh yang benar bisa membantu pengendara agar tidak terpelanting, ketika melibas lubang jalan. Untuk pengendara motor bebek, atau matik, usahakan agar kaki dalam posisi tertutup, tidak direnggangkan.

Sedangkan untuk pengendara motor sport, posisi kaki menjepit tangki bahan bakar. Jangan lupa, lengan ditekuk sekitar 30 derajat, tidak boleh lurus memegang setang.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Posisi seperti ini bisa membantu agar tubuh tetap vertikal, di mana saat melewati lubang, posisi setang bisa tetap lurus, sehingga motor masih melaju lurus dan bisa dikendalikan.

Hindari pengereman mendadak, karena bisa menyebabkan ban terkunci dan terjadi selip. Jika hal ini terjadi, pengendara motor bakal sulit menghindari lubang. Usahakan untuk bisa melakukan pengereman secara bertahap.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Jika Anda tidak bisa menghindari lubang dan terlambat melakukan pengereman, Anda justru jangan mengerem saat ban depan menyentuh lubang, agar motor tetap bisa dikendalikan. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016