Sepelekan Baut Motor Bisa Berujung Celaka

Mengencangkan baut motor menggunakan kunci pas.
Sumber :
  • W6rec.com

VIVA.co.id - Setiap pemilik motor tentunya mengenal komponen kecil bernama baut. Fungsinya untuk saling mengaitkan dan mengikat erat dua atau lebih komponen motor, mulai dari sambungan bodi hingga komponen mesin.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Welovehonda, Senin 14 September 2015, jika sering dibongkar pasang, ulir baut akan rentan mengalami aus. Hal yang lebih parah akan terjadi jika salah pasang baut dengan mur, di mana ulir bisa saja tergerus oleh mur, sehingga tidak bisa dikencangkan dengan sempurna.

Urusan baut yang tidak terpasang sempurna jangan dianggap remeh. Getaran yang terjadi saat motor dipacu kencang dapat membuat baut yang terpasang menjadi longgar. Hal ini tak hanya menimbulkan kerusakan komponen kendaraan, namun juga berisiko menyebabkan kecelakaan.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Namun demikian, bukan berarti mengencangkan baut harus terlalu keras. Hal ini juga menimbulkan kerugian, seperti ulir menjadi aus, kerusakan pada komponen, sampai kepala baut yang menjadi aus. Setiap baut memiliki tingkat kekencangannya sendiri-sendiri. Untuk bisa mengencangkan baut dengan pas, ada alatnya, yaitu torque wrench atau kunci torsi.

Ada baut-baut mesin yang harus dikencangkan dengan presisi dengan kunci torsi. Jika tidak dikencangkan dengan sempurna, bisa jadi ada oli yang luber atau kinerja mesin menjadi tidak optimal.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Selain ukuran, material baut juga memengaruhi seberapa kencang harus dipasang. Sebagai contoh, material aluminium memiliki tingkat kekerasan yang berbeda dengan besi. Apabila dikencangkan dengan torsi yang sama seperti besi, risiko baut rusak atau aus dapat terjadi.

Hindari juga membuka atau memasang baut di bagian mesin, saat kondisi mesin masih panas. Hal ini disebabkan kondisi logam yang masih memuai. Jika sering bongkar pasang baut saat kondisi mesin masih panas, ulir bautnya akan cepat rusak, sehingga baut tidak bisa dikencangkan lagi.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016