Tips Merawat Karburator Motor Agar Tetap Prima

Karburator.
Sumber :

VIVA.co.id - Karburator merupakan bagian penting untuk kendaraan bermotor. Hal ini karena karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara, untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran atau silinder mesin.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Atas dasar tersebut, kebersihan dan ketepatan penyetelan pada karburator sangat diperlukan, karena berpengaruh pada kinerja mesin.

Itu sebabnya, perawatan berkala pada karburator sangat diperlukan. Anda tak perlu ribet memikirkan perawatan komponen ini, karena perawatan karburator dapat dilakukan sendiri.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad Bakri, mengatakan, tahap pertama membersihkan karburator adalah melepas dan membersihkan saringan udara (filter).

"Membersihkan filter udara, gunakan cairan pembersih, lalu dikeringkan dengan membiarkan filter terkena angin," ungkap Ahmad kepada VIVA.co.id, Rabu 23 September 2015.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Setelah itu, lepaskan baut pengikat karburator, lalu bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan dan semprot dengan udara bertekanan cukup tinggi.

Selanjutnya, bersihkan jarum pengatur debit bahan bakar (spuyer), gunakan ampelas halus secara hati-hati. Sebelum memasang kembali karburator, pelampung bensin harus terlebih dahulu diatur dengan menggunakan jangka. Setelah itu, pasang kembali semua bagian karburator.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016