Bagian-bagian Mobil yang Gampang Berkarat

Kolong mobil.
Sumber :
  • www.apritos.com

VIVA.co.id - Musim hujan akan segera tiba. Tentu berbagai persiapan wajib dilakukan para pemilik kendaraan. Biasanya, jika musim pengujan tiba, ada beberapa hal yang akan menjadi momok para pemilik kendaraan, tak terkecuali mobil.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Salah satu masalah pada mobil yang muncul pada saat musim hujan yakni karat di beberapa bagian mobil.

Dalam tulisan kali ini, VIVA.co.id akan menyampaikan informasi mengenai bagian-bagian pada mobil yang rentan dihinggapi karat. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari situs resmi Toyota:

[Baca juga: ]

1. Pintu bagasi

Untuk mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) biasanya terletak di pintu bagasi. Biasanya, kotoran berkumpul pada bagian atas lantaran air dari atap membawa kotoran menumpuk di situ. Jumlahnya cukup banyak dan bagian ini jarang mendapat perhatian.

2. Sepatbor

Cipratan air dari ban yang bercampur kotoran suka menempel di celah-celah antara plastik penutup fender dengan bodi. Karena basah, tentunya memicu karat alias potensinya cukup besar.

Dianjurkan, ketika mencuci upayakan dengan tekanan air yang kencang. Sebaiknya, bawa ke tukang cuci mobil yang menggunakan kompresor.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

[Baca juga: ]

3. Engsel pintu

Bagian ini sering dihinggapi karat. Tandanya, ketika pintu dibuka mengeluarkan suara "kriek..kriek...". Usai dicuci, jangan lupa engsel di lap dan setelah itu dikasih cairan pelumas.

4. Kolong mobil

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Kolong mobil merupakan salah satu titik mudah karat menggempur. Sebab, kolong mobil jarang dijangkau pemilik kendaraan saat tengah mencucinya. Terlebih, bagian ini sering mendapatkan cipratan air saat musim hujan tiba.

Cara termudah menghindari karat adalah dengan mencuci kering kendaraan setelah terkena air hujan. Pastikan semua bagiannya bersih dan kering sehingga karat atau jamur tidak akan mampu bersarang.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016