Tips Ampuh Menghadapi Hujan Angin Saat Naik Motor

Jakarta Diguyur Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id -  Selain hujan deras yang belakangan ini sering mengguyur wilayah di Indonesia, tak jarang angin kencang juga kerap terjadi. Akibatnya, perjalanan Anda sebagai pengendara motor jadi terganggu.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Motor terasa oleng akibat tiupan angin yang cukup kencang. Laju kendaraan pun jadi tidak stabil. Dan bila pengendara tidak siap, maka bisa saja pengendara terjatuh akibat terdorong angin.

Dilansir dari Fdrtire, Rabu 11 November 2015, agar perjalanan Anda tetap aman sampai tujuan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, untuk membantu Anda mengendarai motor melewati terjangan angin kencang.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

1. Gunakan kaki dan berat tubuh untuk menjaga motor tetap lurus. Usahakan tubuh bagian atas tetap rileks ,untuk membantu Anda mengendalikan motor, saat tiba-tiba ada tiupan mendadak.

2. Rendahkan tubuh Anda (seperti posisi tubuh pembalap), sehingga mengurangi permukaan tubuh yang diterpa angin.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

3. Gunakan helm tertutup atau full face, agar debu tidak mengganggu pernapasan dan penglihatan Anda.

4. Tetap waspada memerhatikan jalan. Hati-hati dengan benda-benda yang diterbangkan oleh angin, yang searah dengan jalur Anda. Angin kencang juga sering menyebabkan pohon atau baliho tumbang.

5. Terakhir, jika Anda tidak nyaman berkendara atau kondisi cuaca semakin parah, sebaiknya berhenti di tempat yang aman dan menunggu hingga hujan cukup reda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya