Awas, Empat Komponen Motor Skutik Ini Rawan Rusak

Mesin Yamaha Blue Core
Sumber :
  • www.voz.vn

VIVA.co.id - Banyak keuntungan yang didapat jika membeli sepeda motor jenis skuter matik (skutik). Selain pengoperasiannya mudah, motor jenis ini juga mengusung desain yang terkini, sehingga apik secara estetika.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun pengendara skutik juga harus mengetahui, bahwa ada empat komponen skutik yang rawan mengalami kerusakan. Dilansir dari Welovehonda, Rabu 16 Desember 2015, komponen yang pertama adalah drive belt.

Sabuk berbahan karet ini berfungsi menyalurkan putaran mesin ke roda. Cara kerjanya mirip dengan rantai, namun letaknya tertutup. Karena itu, biasakan ganti drive belt sesuai anjuran pabrik.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Yang kedua adalah ban. Diameter ban skutik lebih kecil ketimbang motor bebek atau sport. Oleh sebab itu, ban jadi berputar lebih banyak, sehingga lebih cepat aus.

Komponen ketiga yaitu rem. Karena transmisi yang digunakan berjenis otomatis, maka pengendara benar-benar mengandalkan rem untuk mengurangi laju motor. Akibatnya, kampas rem lebih cepat tipis.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Terakhir adalah kopling. Meski memakai transmisi otomatis, namun skutik juga memakai kopling sebagai penyalur tenaga mesin. Perbedaan dengan motor lain, kopling skutik terdiri dari beberapa komponen, di antaranya mangkuk kopling, roller dan per.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016