Kenali Biang Kerok Mobil Susah Distarter

Ilustrasi kunci kontak.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Sejumlah pemilik kendaraan pasti pernah mengalami kasus sulit menghidupkan mesin mobil. Ini biasanya terjadi pada pagi hari. Umumnya, masalah ini terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator.

Namun, tak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini, dua hal yang kerap menjadi penyebabnya, seperti dilansir AstraWorld, Rabu 30 Desember 2015:

WTS bermasalah

Ini terjadi pada mobil dengan sistem injeksi. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi, atau suhu mesin. Jika WTS bermasalah, akan memengarui sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

Pompa bensin lemah

Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar, sehingga menyebabkan mesin mobil sulit di-starter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, solusinya Anda harus menggantinya.

Namun, ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi “on” namun pompa bensin tidak berbunyi, berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tegangan aki tidak memadai

Jika saat di-start Anda mendengar bunyi motor starter (dinamo start) terasa berat untuk berputar, kemungkinan besar penyebabnya adalah tegangan listrik pada aki kurang kuat untuk memutar dinamo start tersebut.

Untuk memastikan, Anda dapat mengukurnya dengan memanfaatkan multi meter atau volt meter. Hal ini biasanya, karena usia pakai aki yang sudah cukup lama, atau sistem pengecasan dan kelistrikan aki yang kurang baik. Jika hal ini menimpa Anda, mobil masih bisa dinyalakan sementara dengan cara didorong.

Busi mobil bermasalah

Jika busi mesin mobil bermasalah, hal ini juga akan membuat mobil Anda menjadi sulit di starter. Masalah pada busi mobil bisa saja busi terlalu kotor, celah terlalu besar, atau juga celah yang terlalu rapat.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Untuk mengeceknya, Anda harus mengecek kondisi busi dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Sementara itu, untuk ukuran celah busi, Anda harus mengukurnya dengan menggunakan feller gauge. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016