Catat, Jangan Coba-coba Nyalakan AC Saat RPM Tinggi

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Banyak di antara pengendara mobil yang kerap menyala-matikan air conditioner (AC) secara mendadak saat kendaraan tengah melaju kencang. Kebiasaan ini justru akan cepat merusak kompresor AC mobil.

Dilansir AstraWorld, Senin, 7 Maret 2016, apalagi jika perilaku ini dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi alias sering, dijamin kompresor bakal jebol dan AC mobil akan bermasalah.

Maka itu, disarankan bagi para pengendara untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut ketika mobil tengah melaju pada kecepatan tinggi. Karena pada kondisi tersebut, akan terjadi gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC.

Bila terlalu sering dilakukan, maka komponen bernama magnet clutch pada kompresor AC akan cepat aus dan AC pun jadi tidak dingin lagi. Supaya bisa terhindar dari masalah ini, ada baiknya jika Anda menghidupkan AC ketika mobil dalam keadaan berhenti atau dalam keadaan mati.

Dengan melakukan hal ini, maka kompresor AC mobil Anda bisa semakin awet. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk menyalakan AC ketika mobil sedang melaju di jalanan yang tergenang banjir. Hal ini karena bisa memperparah kinerja AC dan membuatnya mudah rusak.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016