Setir Mobil Bunyi 'Ngek-ngok' saat Berbelok, Apa Masalahnya?

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami kasus suara aneh yang terdengar dari mobil. Terkadang bunyi-bunyian berasal dari wiper. Bisa jadi, masalah itu karena bosh wiper yang rusak.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Masalah lain yang bisa menyebabkan suara ini adalah karet wiper mobil kering, motor wiper lemah, dan tempat duduk wiper arm lemah.

Lantas, apa solusinya? Seperti dilansir AstraWorld, Selasa 15 Maret 2016, solusinya adalah mengganti wiper. Apabila mobil sering diparkir di terik matahari, jangan lupa angkat wiper ke atas sebelum meninggalkan mobil.

Atau, bisa juga dengan cara tutup mobil dengan cover untuk menghindari cahaya matahari langsung dengan catatan mobil Anda dalam kondisi kering agar tidak lembab dan berjamur.

Sedangkan suara pada power steering mobil juga menjadi gejala akan adanya kerusakan pada beberapa komponen tersebut. Saat setir belok bunyi mendecit, biasanya karena tali pompa power steering atau belt pompa yang bermasalah.

Saat setir belok bunyi ngerik, suara itu biasanya bersumber pada pompa, atau selang power steering imitasi.

Sementara itu, saat setir belok bunyi 'ngek-ngok', seperti ada gesekan, biasanya ditimbulkan oleh ball joint kering, tierod. Untuk memastikan, matikan mesin dan goyang setir ke kanan dan ke kiri. Sementara saat setir belok bunyi mendesir, umumnya diakibatkan oleh minyak power steering yang habis. (asp)

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016