Trik Mudah Cek Kondisi Dinamo Ampere pada Mobil

Bengkel mobil
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Alternator mobil, atau dinamo ampere merupakan peralatan elektromekanis yang memiliki fungsi mengubah energi mekanik, atau energi gerak untuk mengisi strum aki sebagai sumber energi listrik. Dengan begitu, suplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup dapat terpenuhi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, tentu tak banyak yang tahu bagaimana untuk melakukan pengecekan, apakah dinamo ampere pada kendaraannya masih bekerja dengan baik, atau sebaliknya. Menurut Supardi, penggawa Angkasa Teknik, di Jalan Panjang, Jakarta Barat, ada tiga hal yang bisa diterapkan untuk mengetahui kondisi dinamo ampere pada mobil.

"Dinamo ampere itu memiliki fungsi untuk pengisian ke aki. Untuk mengetahui apakah dinamo masih bekerja dengan baik, ada indikator dan beberapa cara mudah," kata dia kepada VIVA.co.id, Selasa 4 Oktober 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Cara pertama, kata dia, Anda bisa gunakan multimeter digital, atau tang ampere. Alat ini, mampu mendeteksi performa alternator, serta besarnya hambatan kabel dari alternator ke aki dan tegangan yang dihasilkan oleh alternator mobil.

"Kedua, pengendara bisa mengecek dengan melihat indikator di dashboard. Ketika indikator aki menyala saat mesin hidup, berarti alternator kurang optimal dalam melakukan pengisian aki," katanya. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ketiga, hidupkan mobil atau menaruh kunci kontak di posisi ‘on’, lalu pemilik mobil mengambil besi panjang untuk ditempelkan kepada dinamo ampere atau alternator. "Kalau ada tarikan magnet, maka kondisi dinamo ampere, atau alternator mobil dalam keadaan baik," kata dia. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022