Tips: Lampu Dekat Mati, Jangan Gunakan Lampu Jauh

Lampu sepeda motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Lampu merupakan salah satu perangkat penting pada kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Begitu vitalnya lampu sebagai penerang bagi pengendara membuat komponen ini perlu mendapat perhatian khusus.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun seiring waktu penggunaannya, terkadang Anda akan menemukan beberapa masalah, termasuk lampu dekat motor yang mati, tapi lampu jauh tidak. Beberapa pengendara umumnya menyiasati dengan menggunakan lampu jauh untuk menerangi saat siang dan malam hari. Namun ternyata itu salah.

Ardhani, Mekanik diler resmi, Yamaha Sunda Jaya Motor, di Rawamangun, Jakarta mengatakan penggunaan lampu jauh yang terlalu sering tidak baik bagi kelistrikan motor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ini karena lampu jauh kadar wattnya kan berbeda dengan lampu dekat, kalau lampu dekat 25 watt, lampu jauh 35 watt. Secara langsung akan membuat aki sebagai sumber kelistrikan akan terkuras dayanya," kata Ardhani kepada VIVA.co.id.

Tak hanya itu, terlalu sering menggunakan lampu jauh, lanjut Ardhani akan membuat soket lampu cepat meleleh dan rusak. "Iya, karena kan panasnya lebih besar dibandingkan menggunakan lampu dekat, makanya kurangi menggunakan lampu jauh," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk itu, ia menyarankan apabila lampu sudah tidak layak digunakan, segera ganti untuk menjaga keamanan dan juga keawetan lampu sepeda motor. "Kalau bisa, rusak ganti saja. Untuk menjaga keamanan saja. Lagi pula  juga murah kok harganya, kisaran Rp25 ribu hingga Rp40 ribuan," tutur dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022