Dampak Fatal Kampas Rem Habis Tak Segera Diganti

Mengganti kampas rem motor.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

VIVA.co.id – Sudah menjadi hal yang mahfum kerusakan pada sepeda motor akan meluas jika salah satu komponen tak segera diperbaiki atau diganti. Maka itu, untuk meminimalkan pengeluaran biaya besar, ada baiknya sesegera mungkin mengatasi kerusakan salah satu komponen yang rusak. Salah satunya kampas rem.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kepala Mekanik Bengkel Suzuki Motor Kalimalang, Heri, menyebut komponen pendukung seperti kampas rem yang sudah habis tetapi tetap dipaksakan akan menyebabkan kerusakan pada komponen utama rem.

Dia mengatakan pada mekanisme rem tromol, apabila habis kampas remnya kemudian dipaksakan dengan cara menyetel bautnya terlalu dalam, maka yang terjadi adalah per yang ada di dalam bisa patah dan mengakibatkan tromol aus. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Karena disetel kencang bautnya terlalu dalam, per di dalam tromol bisa patah karena efek kejut kekencangan dan berlebih saat direm, nah patahan per bisa bergesekan langsung dengan tromol," kata Heri kepada VIVA.co.id, Selasa 8 November 2016.

Cakram rem.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Heri menegaskan, biaya yang ditimbulkan justru makin besar bila tromol sudah aus. Terlebih apabila pelek tersebut berjenis racing atau palang. Jika pelek jari-jari, tromol dijual terpisah pelek racing dijual satu set dengan tromol. "Tromol racing itu menyatu sama peleknya, kalau aus diganti satu set sama peleknya," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, apabila kampas rem habis namun dipaksakan, efek buruk yang akan ditimbulkan yakni rusaknya piringan cakram karena terkikis habis. "Kampas rem habis, cakram-nya rusak, karena besi ketemu besi, piringan cakram-nya akan aus," ujar dia.

Rem tangan.

Dampak Buruk Lupa Turunkan Rem Tangan Mobil

Rem tangan adalah salah satu fitur yang ada di mobil, dan berfungsi menjaga supaya kendaraan tidak bergerak

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022