Cara Mudah Atur Sorot Lampu Motor

Mengendarai motor di malam hari.
Sumber :
  • Bikebandit

VIVA.co.id – Saat mengganti lampu depan di bengkel umum, banyak pemilik motor yang tidak menyadari adanya perubahan pada arah sorot lampu.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seharusnya, mekanik yang menangani motor mengatur ulang arah lampu depan, agar sesuai dengan standar pabrik. Sayangnya, terkadang ada saja mekanik yang lupa melakukan hal itu.

Arah sorot lampu yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan pengendara sukar melihat situasi jalan di depan. Hal ini makin diperparah ketika berkendara di tengah guyuran hujan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bila hal ini terjadi pada Anda, jangan buru-buru panik. Anda dapat mengatur sendiri arah lampu depan motor.

"Caranya cukup mudah, hanya perlu siapkan obeng kembang dan juga kunci pas T10, untuk membuka pelat nomor," ujar Mekanik Cibogo Bikers Community (CBC), Ade, kepada VIVA.co.id, Rabu 23 November 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Hal pertama yang harus dilakukan pemilik motor yaitu melepaskan pelat nomor dengan menggunakan kunci T10.

"Setelah itu, lihat bagian yang tepat di bawah lampu utama. Di sana ada tiga lubang hawa. Kalau mengintip sedikit, di lubang paling atas terlihat ada baut. Lewat baut itulah kita bisa atur arah sorotan lampu utama," katanya.

Jika ingin melakukan pengaturan, putar baut lampu dengan menggunakan obeng kembang. Putar obeng tersebut ke kiri atau kanan, sesuai dengan jarak yang diinginkan.

"Kalau ke kanan, biasanya akan membuat sorot lampu jadi naik. Tapi kalau ke kiri, sorotan lampu akan turun ke bawah,” jelasnya.

Setelah menemukan jarak yang pas, lakukan pemasangan ulang baut pegangan pelat nomor seperti semula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya