Kantong Cekak, Penting Ganti Kampas Rem atau Oli Mesin?

Ilustrasi mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Sebelum merencanakan perjalanan jauh ada baiknya para pemilik mobil memastikan kondisi kendaraannya tetap prima. Hal ini penting agar tak mengurangi keceriaan dalam perjalanan nantinya. Caranya, periksa semua kelengkapan pada mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebagian masyarakat tentu mempertanyakan manakah yang lebih penting, mengganti kampas rem atau oli mesin bila hendak melakukan perjalanan jauh. Apalagi jika kantong tengah menipis untuk anggaran kendaraan.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, mengungkapkan pergantian kampas rem lebih penting ketimbang oli mesin. "Karena rem terkait dengan keamanan. Kalau fungsi pengereman tidak efektif tentu bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya," kata Anjar kepada VIVA.co.id, Selasa, 27 Desember 2016.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dia melanjutkan, sebelum bepergian jauh, sebaiknya pengguna kendaraan memeriksa ketebalan kampas rem atau bantalan remnya terlebih dahulu. Apabila sudah satu milimeter dari alurnya, berarti sudah waktunya diganti. "Mesti dicek alur ketebalannya," ujar dia menambahkan.

Namun demikian, oli mesin juga perlu dilakukan pergantian jika ada anggaran berlebih. Alasannya, bila pelumasan pada mesin tidak bekerja dengan baik maka performa mesin menjadi tidak optimal. "Kalau sudah enggak optimal, berkendara jadi enggak nyaman. Kalau sampai mesinnya rusak biaya perbaikannya menjadi mahal," katanya singkat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Rem tangan.

Dampak Buruk Lupa Turunkan Rem Tangan Mobil

Rem tangan adalah salah satu fitur yang ada di mobil, dan berfungsi menjaga supaya kendaraan tidak bergerak

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022