Cek Empat Bagian Ini Sebelum Mudik Naik Motor

Pengendara sepeda motor jarak jauh. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Akhir tahun banyak dimanfaatkan warga DKI Jakarta untuk berlibur di kampung halaman. Dan salah satu sarana transportasi yang umum mereka gunakan adalah sepeda motor.

IDAI Tak Anjurkan Orang Tua Ajak Bayi Mudik Pakai Sepeda Motor, Ini Bahayanya

Namun, satu hal yang kerap dilupakan oleh mereka adalah memeriksakan kondisi motor sebelum mudik. Banyak yang beranggapan, bila motor yang mereka gunakan sehari-hari bebas masalah, maka motor tersebut aman digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Head of Service Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Ridwan Arifin mengatakan, ada beberapa komponen yang perlu diperiksa sebelum motor dikendarai jarak jauh, meski sebelumnya kondisi motor bebas masalah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pertama, pemeriksaan cairan yang ada pada motor. Sebab, fungsinya sangat penting untuk menjaga kinerja mesin saat beroperasi dalam jangka waktu berjam-jam.

"Pemeriksaannya berupa oli mesin, minyak rem, air radiator (yang menggunakan), dan juga aki pada motor," katanya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kedua, pastikan kondisi kaki-kaki sepeda motor dalam keadaan berfungsi normal, agar perjalanan tetap nyaman kala melalui jalur yang kurang mulus.

"Suspensi, rem, gerak bebas kemudi, dan juga ban, jangan sampai tidak bagus saat digunakan. Kalau memang perlu pergantian, sebaiknya dilakukan. Tekanan ban harus disesuaikan, dan pastikan tidak ada ban yang gundul," ujarnya.

Ketiga, jangan lupa untuk memastikan kelistrikan motor berfungsi normal. Hal ini penting untuk menjaga keamanan saat berkendara, terutama pada malam hari.

"Saringan transmisi CVT atau rantai juga perlu dicek. Busi, injeksi dan juga aki diperiksa, agar tidak mengalami kendala," ungkapnya.

Terakhir, pastikan memeriksakan kendaraan di bengkel resmi. Karena, menurut Ridwan, bengkel resmi memiliki standar khusus soal pengecekan kondisi kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya