Tips Rawat Mobil Berwarna Putih agar Tak Menguning

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA.co.id – Memiliki mobil berkelir putih tentu membutuhkan perawatan yang tidak bisa sembarangan. Warna yang menjadi simbol kesucian ini akan kentara jika kotor dan kusam. Maka itu, perlu diperhatikan perawatannya. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Auto Care Consultant dari Detailbox, Oktavianus mengatakan, pemilik mobil dengan kelir putih harus lebih rajin mencuci ketimbang varian warna lainnya. Apalagi setelah kendaraan melewati jalan berlumpur, jangan sampai noda tersebut dibiarkan kering.

"Mencucinya pakai sampo yang bagus buat cat mobil, jangan yang mengandung detergen. Karena cat mobil kalau dicuci terus pakai sampo yang berbahan detergen akan cepat kusam," kata Okta kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Senin, 16 Januari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain rajin dicuci dengan benar, mobil dengan warna putih harus dihindari terparkir di tempat yang langsung terkena terik matahari. Sebab sinar terik matahari bisa memancing perubahan warna cat dan biasanya akan cepat menguning. "Jangan lupa sediakan tisu basah. Bila mobil terkena getah pohon atau kotoran burung, segera dibersihkan pakai tisu basah agar enggak merusak cat mobil," ungkapnya menambahkan. 

Dia menambahkan, untuk perawatannya sendiri, tak perlu memerlukan salon mobil atau bengkel khusus. Sebab bila pemilik mobil salah memilih salon mobil, malah nantinya akan membahayakan bodi kendaraan. "Kalau salon yang enggak benar, nanti dipoles pakai obat keras, padahal mobil enggak perlu digituin. Jadi pemilik harus bijak juga memilih salon mobil. Kalau mau merawat sendiri, tinggal pakai paint protection dengan durability dua sampai tiga bulan," katanya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022