Plafon Mobil Rusak, Ini Kisaran Biaya Servisnya

Bengkel servis plafon mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Plafon mobil merupakan bagian yang jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan roda empat. Komponen itu baru diperhatikan ketika mengalami kerusakan.

Keren, Layanan Servis Mobil Mercedes-Benz Kurang dari Satu Jam

Setiap pabrikan mobil menggunakan bahan yang berbeda-beda untuk plafon. Umumnya, pabrikan menggunakan bahan yang lebih mudah dibersihkan. Pada mobil Eropa, plafon dilapisi dengan busa khusus untuk meredam suara.

Penggawa Difa Plafon, Toni, mengungkapkan plafon mobil juga bisa rusak. Kerusakan itu ditandai dengan kendurnya kain plafon, akibat termakan usia atau efek cuaca panas.

Sekali Servis Lamborghini Bisa Buat DP Rumah

"Tapi, yang paling sering ganti plafon itu mobil-mobil Eropa. Tiga tahun sudah cepat turun," kata Toni kepada VIVA.co.id di MGK Kemayoran, Jakarta.

Dia mengatakan, perawatan plafon mobil produksi Jepang dan Eropa berbeda. Plafon mobil buatan Eropa jangan dilap menggunakan kain atau lap basah, karena akan merusak busa yang ada pada plafon.

Lagi Diservis, Muncul Hal Mengejutkan dari Kabin Mobil Ini

"Kalau mobil Jepang, plafon jangan disikat. Tanda plafon rusak biasanya di bagian siku, kalau dipegang ada cap tangan. Nah, itu artinya enggak lama lagi bakal turun," lanjut Toni.

Untuk biaya penggantian plafon rusak, hal itu tergantung dari jenis mobil. Untuk mobil buatan Eropa, biaya penggantiannya sekitar Rp2 juta.

"Karena, mobil Eropa harus ganti sama lapisan dan busanya juga. Kalau mobil Jepang, Rp1,5 juta ganti bahannya saja," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya