Berapa Lama Mata dapat Diajak Berkendara? Ini Pesan Dokter

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Tak dipungkiri bahwa salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas karena kantuk yang menyerang. Terlebih jika Anda harus menempuh perjalanan jauh dan macet seperti saat mudik lebaran.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Yang menjadi pertanyaan, berapa lama sebenarnya mata harus istirahat saat Anda berkendara baik menggunakan motor maupun mobil? Memang tidak ada aturan bakunya mengingat ketahanan setiap pengendara tentu berbeda-beda.

Menurut dokter spesialis mata, Feriyanto, sangat perlu bagi mata untuk beristirahat saat Anda berkendara. Meski tak baku, namun Feriyanto sendiri memberikan panduan bagi Anda yang akan mudik jauh terkait ketahanan mata dalam bekerja.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ini kan memang tergantung sama masing-masing orang, biasanya kalau satu jam mata sudah lelah minimal harus istirahatkan selama 10 menit. Kalau dua jam baru lelah, ya istirahat 20 menit. Begitu seterusnya," kata Feriyanto kepada VIVA.co.id.

Lebih lanjut Feriyanto mengatakan bahwa pengendara dengan rentang usia di atas 40 tahun, harus lebih memperhatikan aturan tersebut. Pasalnya, seiring bertambahnya usia tentu mata lebih mudah lelah karena kelenjar minyak mulai menurun fungsinya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022