Enggak Cuma Buat Terabas, Motor Petualang Ini Juga Bisa Padamkan Api

Kawasaki Versys-X 250 jadi kendaraan Pemadam Kebakaran
Sumber :
  • Instagram @kawasaki.life

VIVA – Dalam melaksanakan tugasnya, Pemadam Kebakaran menggunakan truk atau mobil bak yang sudah dimodifikasi. Kendaraan dinas tersebut dilengkapi dengan alat pemadam api, selang, tangki air, serta peralatan lain untuk menjinakkan api.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Mobil Damkar berdimensi besar dipilih, lantaran bisa mengangkut banyak petugas dan membawa beragam peralatan untuk menuntaskan si jago merah. Namun, besarnya bodi kendaraan membuatnya sulit menjangkau titik api di wilayah yang sempit, seperti kawasan pemukiman padat penduduk.

Melihat kondisi nyata di lapangan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya kini menambah armada dinasnya dengan menggunakan sepeda motor. Informasi ini diketahui melalui media sosial Instagram.

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

"Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menemukan solusi untuk menjangkau gang-gang kecil yang terhalang portal sehingga terjadi kendala Mobil Damkar tidak bisa masuk," demikian keterangan gambar yang tertulis dalam akun @kawasaki.life.

Kawasaki Versys-X 250

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Motor dinas yang dipilih adalah Kawasaki Versys X250. Sepeda motor petualang itu jelas tak lagi berpenampilan standar, karena sudah dilengkapi dengan selang di bagian jok belakang, serta tabung alat pemadam di kiri dan kanan motor.

Sebagai identitas bahwa sepeda motor tersebut merupakan kendaraan operasional Damkar, bodinya dilabur warna merah. Tak hanya itu, motor berkapasitas mesin 250cc itu juga menggunakan lampu strobo dan sirine, sebagai kode untuk mendapat prioritas di jalan raya.

"Sebagai ujung tombak, memilih Kawasaki Versys X250 disulap sebagai Motor Pemadam Kebakaran “gerak cepat” untuk memadamkan api, bila mana terjadi kebakaran di pemukiman padat yang susah dijangkau oleh Mobil Damkar," tulis pemilik akun. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya