Mobil Ini Punya Jarak Tempuh Terjauh, 810 juta Kilometer

Starman di belakang kemudi mobil Tesla Roadster
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA – Setahun lalu, tepat tanggal 6 Februari 2018, Elon Musk menggagas satu proyek tak masuk akal. Ia bersama timnya di Tesla dan SpaceX, meluncurkan mobil listrik ke luar horizon bumi.

Berkat Timnas Indonesia, Koleksi Mobil Shin Tae-yong Makin Mewah dengan Harga Miliaran

Roadster merah berpenumpang boneka yang diberi nama Starman itu, dilontarkan dengan bantuan roket SpaceX, Falcon Heavy. Hingga saat ini, sedan listrik tersebut telah melalui perjalanan luar angkasa sejauh 810 juta kilometer.

Dilansir dari Whereisroadster, Selasa 5 Maret 2019, Tesla Roadster melaju dengan rata-rata kecepatan 82.263 kilometer per jam. Lebih kencang dari pesawat tempur yang pernah dibuat oleh manusia.

Daftar Mobil Listrik Paling Diburu Orang RI Selama 4 Bulan Tahun Ini

Bila diakumulasikan dalam satuan jarak di bumi, Roadster telah melalui 22,3 kali perjalanan melintasi semua jalan yang ada di muka bumi. Hal ini mengukuhkannya, sebagai mobil dengan jangkauan jelajah terjauh sepanjang masa.

Logikanya, tak ada satu pun kendaraan di darat yang mampu mencapai kecepatan tersebut. Saat roket Falcon Heavy meluncur membawa Roadster, momentumnya sudah memberikan dorongan untuk mobil. Sehingga, lajunya bersumber dari dorongan roket.

Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

Rencananya, bila tak alami hantaman keras hingga mengakibatkan kerusakan, Roadster akan terus melaju di angkasa hingga jutaan tahun ke depan. Setelah Mars, mobil ini akan memutar, melintasi Venus, Merkurius, kemudian matahari. (kwo)

Tesla Model Y

Elon Musk Tersenyum Lebar, Mobil Listrik China Siap-siap Digusur Tesla

Elon Musk tersenyum lebar setelah pemerintah Amerika Serikat menaikkan pajak yang sangat tinggi untuk mobil listrik China. Dengan begitu mobil listrik Tesla lebih laku...

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024