Unik, Pemilik Merestorasi Motor Jadul di Dalam Kamar

Honda S90 alias Benly.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Jika berbicara mengenai motor klasik Honda, maka tipe yang kerap jadi bahan obrolan adalah C70 dan seri CB. Namun ternyata, ada satu tipe yang juga tidak kalah uniknya, yakni S90, atau dikenal juga dengan nama Benly.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Dibuat di era 1960-an, motor ini mengusung bentuk layaknya motor sport, namun masih menggunakan mesin yang biasa dipakai motor bebek. Berbekal mesin berkapasitas 89cc, S90 memiliki tenaga sebesar delapan daya kuda, dan mampu melaju hingga kecepatan 80 kilometer per jam (km/jam).

Namun, seperti yang dilansir dari Welovehonda, Jumat 26 Juni 2015, salah satu kendala memiliki motor ini adalah kondisinya yang sudah tidak sehat lagi. Perlu banyak restorasi untuk mengembalikan tampilan dan performa motor.

Honda Indonesia Racik Motor Baru 250cc Satu Silinder

Setidaknya begitulah masalah yang didapat oleh Simon Radomski, pria asal Alabama yang pusing, gara-gara Benly yang dibelinya secara murah, ternyata datang dalam kondisi yang tidak layak pakai.

Akhirnya Simon memutuskan untuk merestorasi motor tersebut. Namun, berbeda dengan kebanyakan, Simon meremajakan motor di dalam apartemennya. Setelah meminta izin istrinya, akhirnya Simon mulai mengerjakan proyek restorasi tersebut.

Orang Kaya Jakarta Kepincut Motor 'Alien' Honda

Simon mengorbankan kamar mandi sebagai tempat untuk mencuci komponen bodi dan mesin motor. Sedangkan ruang tamu digunakan sebagai tempat membongkar motor dan merancang pernak-pernik kecil.

Berhubung kondisi mesinnya sudah tidak layak jalan, Simon harus melakukan banyak perbaikan di bagian blok mesinnya. Setelah dibongkar dan dirakit ulang, akhirnya mesin bisa berfungsi normal. Karburator aslinya diganti dengan milik Honda CRF80.

“Sekarang kalau di-starter dua-tiga kali, pasti mesinnya nyala,” kata Simon.

Kelar urusan mesin, sekarang bagian bodi dan kaki-kaki. Bagian velg yang sudah karatan ia ganti dengan yang baru, berikut bannya juga. Meski modelnya sudah ketinggalan zaman, namun Simon memberikan sentuhan modern, dengan menggunakan penerangan LED buat lampu belakang dan lampu sein.

Sistem kelistrikan bawaan yang hanya 6 Volt dibuat menjadi 12 Volt, mengikuti motor masa kini. Bahkan ia juga menambahkan charger USB yang bisa digunakan buat mengisi ulang baterai ponsel.

Untuk membuat tampilan bodi kembali seperti semula, Simon mengaku hanya menggunakan cairan penghilang karat. Setelah itu bodinya dicat ulang dengan warna ala mobil klasik Amerika, yakni Ford Aqua.

Hasil prakarya Simon ternyata cukup memuaskan, meski harus menghabiskan waktu satu tahun pengerjaan. Benly tersebut mampu dipacu hingga 80 kilometer per jam dengan nyaman. Dan bukan hanya Simon yang gembira, namun juga istrinya, karena akhirnya kamar mandi bisa dipakai lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya