Menilik Kampung Berkendara Aman di Semarang

Kampung Safety Honda di Semarang
Sumber :
  • Dok: AHM
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Kelurahan Pandean Lamper yang terletak di Kecamatan Gayamsari, kota Semarang, Jawa Tengah, meraih penghargaan sebagai kampung yang membudayakan Keamanan dan Keselamatan dalam Berkendara (Kampung Safety Riding) Pertama di Indonesia.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Penghargaan tersebut diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu 11 Oktober 2015. Wilayah ini merupakan salah satu program Astra Motor, selaku main dealer sepeda motor Honda di 10 wilayah Indonesia, dalam mendukung kampanye Indonesia, "Ayo Aman Berlalu Lintas" (IAABL) yang sudah dicanangkan PT Astra International Tbk bersama Kepolisian Republik Indonesia pada awal tahun 2014.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu


Dengan adanya rambu dan papan etika keselamatan berkendara terpasang di setiap sudut jalan, sejak awal tahun ini, berbagai aktivitas dilakukan untuk menciptakan budaya keselamatan berkendara.


Hasilnya, jumlah pelanggaran lalu lintas di Kelurahan Pandean Lamper mengalami penurunan yang cukup besar. Salah satunya, pelanggaran mengenai penggunaan helm yang berkurang hingga 87 persen.


Chief Operating Officer (COO) Astra Motor, Octavianus Dwi mengatakan bila kebiasaan melanggar lalu lintas bermula dari lingkungan terkecil. "Kami ingin menghapus pemikiran seperti itu. Justru aturan berkendara yang baik dan benar harus dimulai dari lingkungan terkecil,” katanya.


Adanya kampung safety ini diharapkan mampu menjadi kampung percontohan bagi kampung-kampung lain di tanah air, sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya