VIDEO: Robot Ini Dibuat untuk Beraksi Bak Rossi

Aksi Motobot mengendarai motor.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Untuk menunjukkan kemampuan merka dalam hal riset dan pengembangan, salah satu produsen motor asal Jepang, Yamaha, membuat sebuah robot yang bisa mengendalikan motor.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Dilansir dari Autoevolution, Kamis 29 Oktober 2015, robot yang diberi nama Motobot ini dibuat dengan inspirasi dari pebalap Yamaha di ajang MotoGP, yaitu Valentino Rossi. Saat ini, Motobot hanya bisa menjalankan motor Yamaha YZF-R1M di trek yang lurus, dengan kecepatan maksimum 100 kilometer per jam.

Karena statusnya yang masih berupa purwarupa, motor R1M dilengkapi dengan penyangga di kiri dan kanan, untuk mencegah kerusakan apabila tiba-tiba motor terjatuh.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Nantinya, robot ini akan dibuat agar bisa membelokkan setang motor dan menjaga keseimbangan ketika melalui sebuah tikungan. Gaya berkendara Motobot juga dibuat menyerupai ciri khas 'The Doctor' saat sedang berkompetisi di lintasan balap.

Yamaha juga tengah sibuk mengembangkan Motobot, agar dapat mengendarai semua jenis motor, tanpa perlu dilakukan modifikasi khusus pada kendaraan yang akan digunakan.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Anda dapat melihat aksi Motobot melalui video di bawah, atau klik tautan ini:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya