Din Syamsuddin: Muhammadiyah Tak Dukung Capres Mana Pun

Dewan Pengarah Aliansi Masyarakat Peduli Tragedi Kemanusiaan, Din Syamsuddin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin memastikan, secara kelembagaan mereka tidak mendukung siapapun dalam Pemilihan Presiden 2019. Dia memastikan, Muhammadiyah tidak terlibat dalam politik praktis.

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

"Ini adalah khittah dasar Muhammadiyah," katanya di Bengkulu, dalam salah satu agenda Tanwir ke-51 Muhammadiyah, Kamis 14 Februari 2019.

Namun, Din menyebut, meski secara kelembagaan tidak mendukung siapapun, tetapi Muhammadiyah tetap mendorong anggotanya untuk menggunakan hak pilih mereka sebagai perwujudan warga negara yang baik.

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

"Isfati qalbak, tanyalah pada hati sanubarimu (siapa calon). Tetapi, dipadukan dengan pendekatan rasional. Artinya apa? Dikombinasikan dengan literasi politik," tutur Din.

Tanwir Muhammadiyah ke-51 di Bengkulu, dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat 15 Februari 2019. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Minggu besok, 17 Februari 2019 dan menghadirkan banyak tokoh nasional.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Dalam agenda ini juga, Tanwir Muhammadiyah 2019, akan memberi ruang pidato kebangsaan untuk calon presiden nomor urut 01 Jokowi dan nomor 02 Prabowo Subianto sebagai bahan literasi Pilpres 2019. (asp)

(Foto  Ilustrasi) Aksi Bela Palestina

Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

Aksi Bela Palestina dan kutuk Israel, akan digelar serentak oleh 172 kampus Muhammadiyah di seluruh Indonesia, pada Selasa 7 Mei 2024. Dimulai pukul 10.00 WIB pagi nanti.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024