Jokowi Unggul di Rutan Medaeng Tempat Ahmad Dhani Nyoblos

Suasana TPS di Rutan Medaeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 17 April 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Perolehan suara calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, unggul dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di empat Tempat Pemungutan Suara atau TPS tambahan di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Di antara penghuni Rutan Medaeng yaitu, politikus Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo dan aktris Vanessa Angel. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Ada empat TPS didirikan Komisi Pemilihan Umum Sidoarjo di Rutan Medaeng, yakni TPS 30, 31, 32, dan TPS 33. Di TPS 30, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 41 suara, Prabowo-Sandiaga 27 suara; TPS 31, Jokowi 139 suara, Prabowo 118 suara; TPS 32, Jokowi 49 suara, Prabowo 25 suara; dan TPS 33, Jokowi 57 suara, sedangkan Prabowo 22 suara. 

Total perolehan Jokowi-Ma'ruf di empat TPS itu sebanyak 287 suara. Sementara itu, Prabowo-Sandiaga sebanyak 192 suara. Untuk pilpres, sebanyak 16 suara tidak sah. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Total surat suara yang terpakai, baik yang sah maupun tidak sah sebanyak 494 suara. Jumlah itu lebih sedikit dari total daftar pemilih tetap sebanyak 504 orang. 

Kepala Rutan Medaeng Teguh Pamuji menjelaskan, selisih sepuluh surat suara yang berkurang dari jumlah DPT terjadi kemungkinan karena mengikuti narapidana yang pindah penjara. "Ini mungkin terbawa pindah ke luar, ikut warga binaan yang dipindahkan ke beberapa lapas," katanya kepada wartawan.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jatim, Susy Susilawati, mengatakan bahwa dari 2.900 tahanan di Rutan Medaeng, hanya 504 tahanan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Awalnya kami mengajukan semua warga binaan untuk diverifikasi tetapi oleh KPU hanya 504 itu saja yang diloloskan," ujar Susy. 

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024