Tekuk 10 Pemain Swiss, Chile Pimpin Grup

Mark Gonzalez rayakan gol ke gawang Swiss
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Chile berhak memuncaki klasemen Grup H setelah berhasil menaklukkan Swiss 1-0. Gol Chile dicetak Mark Gonzalez di menit 75 setelah Swiss harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 31.

Dengan tambahan tiga poin ini, maka Chile kini mengoleksi total 6 poin dari dua kemenangan. Pada pertandingan terakhir, La Roja akan bersua Spanyol yang ditaklukan Swiss di laga pertama.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Sedangkan Swiss yang kini menduduki runner up dengan koleksi tiga poin akan melakoni laga terakhir kontra Honduras. Persaingan tentu masih ketat mengingat Spanyol dan Honduras baru akan melakoni pertandingan kedua, Selasa 22 Juni 2010 nanti.

Bertanding di Nelson Mandela Bay Stadium, Senin 21 Juni 2010, Chile dan Swiss sama-sama punya ambisi memuncaki Grup H. Permainan terbuka langsung diperagakan kedua tim.

Peluang pertama datang dari Chile saat pertandingan memasuki menit ke-10. Arturo Vidal melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang berhasil dimentahkan kiper Swiss Diego Benaglio. Bola rebound dari Carlos Carmona juga gagal menaklukkan Benaglio.

Ketatnya pertandingan ini juga terlihat dari banyaknya kartu yang dikeluarkan wasit asal Arab Saudi Khalil Al Ghamdi di paruh babak pertama.

Bahkan Swiss harus menelan kenyataan pahit saat Valon Behrami diganjar kartu merah di menit 31. Gelandang West Ham United ini diusir wasit setelah dianggap menyikut Vidal.

Bermain dengan 10 pemain, membuat kubu Schweizer Nati memilih bertahan dan menunggu momen untuk melakukan serangan balik. Sebaliknya, La Roja langsung terpompa untuk mengurung pertahanan Swiss.

Meski Chile menciptakan banyak peluang namun hingga babak pertama skor kaca mata tak berubah.

Memasuki babak kedua, Chile langsung menggebrak. Chile sebenarnya berhasil menjebol gawang Swiss di menit 49. Namun sayang gol lewat tendangan bebas Alexis Sanchez yang sempat membentur pemain Swiss dianulir wasit karena tiga pemain Chile telah terjebak off side.

Chile harus bersabar menunggu hingga menit 75 untuk bisa menjebol gawang Swiss. Umpan silang pemain pengganti Esteban Paredes berhasil dikonversikan menjadi gol lewat tandukan Mark Gonzalez. Chile sementara unggul 1-0.

Unggul 1-0 tak lantas membuat pemain Chile puas. Tim besutan Marcelo Bielsa terus menggedor pertahan Swiss. Namun justru Swiss yang mampu membuat peluang bagus di menit-menit akhir pertandingan.

Pada menit 89, Gokhan Inler berpeluang menyamakan kedudukan jika tendangannya di dalam kotak penalti Chile tak tipis melebar. Skor 1-0 buat keunggulan Chile ini akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Chile: Claudio Bravo, Mauricio Isla, Gary Medel, Waldo Ponce, Gonzalo Jara, Arturo Vidal (Jorge Valdivia, 46'), Carlos Carmona, Matias Fernandez (Esteban Paredes, 65'), Alexis Sanchez, Humberto Suazo (Mark Gonzalez, 46'), Jean Beausejour

Swiss: Diego Benaglio, Stephan Lichtsteiner, Steve von Bergen, Stéphane Grichting, Reto Ziegler, Valon Behrami, Gökhan Inler, Benjamin Huggel, Gelson Fernandes, Alexander Frei (Tranquillo Barnetta, 43'), Blaise N´Kufo

Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Transaksi jemaah haji nasabah Bank Muamalat semakin dipermudah dengan fitur baru yang diluncurkan pada kartu debitnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024