Jelang Pilkada Serentak 9 Desember, Mahfud Imbau Jaga Kondusifitas

Menkopolhukam Mahfud MD.
Menkopolhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD meminta semua pihak menjaga situasi agar tetap kondusif. Imbauan itu dikeluarkan jelang perhelatan Pilkada Serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Terutama kepada penyelenggara pilkada, para calon dan timnya, pemda, aparat keamanan, dan seluruh masyarakat. Dia berharap, semua pihak bisa saling menjaga agar pilkada berjalan dengan lancar.

Itu dia katakan saat memimpin rapat analisa dan evaluasi tahapan pilkada serentak di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin 23 November 2020. Hadir Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, dan Kepala BNPB, serta para gubernur secara virtual. 

“12 hari ke depan kita jangan sampai lengah, kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang tanggal 6-8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang,”’ ujar Mahfud.

Baca juga: Pilkada Depok: Pradi Blakblakan Tuding Idris Cuma Wacana

Selain menekankan pentingnya menjaga situasi dan keamanan, Mahfud juga mengingatkan agar protokol kesehatan bisa diterapkan secara sungguh-sungguh selama pilkada. Demikian pula dengan distribusi logistik, harus sudah dipastikan sampai tepat waktu dan aman. 

“Diantisipasi betul kemungkinan kerumunan, agar dihindari penumpukan orang dengan mengatur jam dan jadwal orang melakukan pemilihan,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.