Kapolda Instruksikan Anggotanya Kawal Surat Suara Pilkada di NTB

Kapolda NTB Irjen M Iqbal
Kapolda NTB Irjen M Iqbal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Mohammad Iqbal meminta seluruh anggotanya untuk menjaga ketat dan mengawasi segala bentuk ancaman yang bisa mengganggu keamanan surat suara hasil pencoblosan Pilkada Serentak 2020. Terutama di wilayah NTB, yang beberapa daerahnya pada Rabu 9 Desember 2020, menggelar pencoblosan. 

Dari TPS-TPS, selanjutnya kotak surat suara akan dibawa ke tingkat kecamatan. Untuk itu, semua orang yang ada di kecamatan harus diperiksa.

"Jadi siapa pun dia, cek betul identitasnya. Tapi tetap ingat, kedepankan sikap tegas dan humanis," kata Iqbal pada Kamis, 10 Desember 2020.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Tanggapi Penembakan 6 Laskar FPI, Ini Katanya

Menurut dia, surat suara yang telah dicoblos sangat penting dijaga oleh pihak keamanan baik Polda, TNI maupun Panitia Pengawas Pemilu. Karena, kata dia, surat suara tersebut merupakan amanah dalam kehidupan demokrasi.

"Jadi TNI dan Polri sebagai simbol kekuatan negara punya peranan penting menjaga suara rakyat (surat suara) hasil pemilihan ini. Bukan hanya sampai tahapan ini saja, keamanan surat suara harus dipastikan aman hingga tahapan Pilkada Serentak 2020 selesai," ujarnya.

Di samping itu, Iqbal menginstruksikan juga kepada anggotanya untuk meningkatkan patroli di sekitar lokasi penampungan surat suara. Meskipun, secara umum pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di beberapa wilayah Provinsi NTB berjalan tanpa adanya peristiwa yang menonjol, dan cukup kondusif.