95 TPS di Tangsel Gelar Penghitungan Ulang Usai Kotak Suara Dibuka

Ilustrasi Kotak Suara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Tangerang - 95 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, menggelar penghitungan suara ulang, Minggu, 25 Februari 2024.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Penghitungan suara ulang dilakukan terkait dengan sanksi adminitrasi, usai anggota KPPS di kelurahan setempat membuka paksa kotak suara sebelum jadwal rekapitulasi.

Penghitungan suara di TPS 22 Manahan, Solo. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Hakim Saldi Isra Sebut MK Bukan Keranjang Sampah untuk Tangani Masalah Pemilu

Komisioner KPU Tangsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Bambang Dwitomo mengatakan, proses penghitungan suara ulang dilakukan di Gudang Multi Guna, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Ilustrasi petugas KPPS melakukan penghitungan suara di Pemilu serentak 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Kubu Amin Sindir Balik Hotman Paris Usai Klaim Menang Telak di Sidang Hari Ini

"Ya, hari ini dilakukan penghitungan suara ulang di Gudang Multi Guna Serpong. Penghitungan dilakukan pada seluruh kotak di 95 TPS," katanya.

Sebanyak 475 kotak suara dihitung ulang, yang mana melibatkan 285 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS Kelurahan Jelupang.

"Semua kotak suara dihitung, baik Capres-Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Disana melibatkan 3 petugas KPPS untuk masing-masing TPS," ujarnya.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hasil dari penghitungan nantinya langsung masuk dalam tahapan rekapitulasi. Hal ini lantaran, tahapan pada pelaksanaan pemilu 2024 sudah masuk di rekapitulasi suara.

"Kalau proses penghitungannya bisa lebih dari satu hari, karena nanti langsung diserahkan untuk rekapitulasi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya